Tugas Laporan Analisa E-Business Pertemuan 14

"ANALISA TERHADAP PERUSAHAAN YANG BEREVOLUSI KEDALAM E-BUSINESS"

   LAPORAN

  E-BUSINESS

Diajukan untuk memenuhi mata  kuliah E-business pada program Diploma Tiga  (D3)

 

 

ARIF FATUR ROHMAN

NIM : 12184511

 

 

Program Studi Sistem Informasi

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika

Jakarta

2020





KATA PENGANTAR

Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah dengan tema ”Analisa Terhadap Perusahaan Yang Berevolusi Kedalam E-Business ”. Makalah ini diajukan untuk memenuhi mata kuliah E-Business.

Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi sempurnanya Makalah ini.

Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.



 

 

 

Jakarta, 25 Desember 2020

 

  

 

                            Penyusun





DAFTAR ISI

 

Cover.........................................................................................................................................................i

Kata Pengantar.......................................................................................................................................ii

Daftar Isi.................................................................................................................................................iii

BAB I     PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang................................................................................................................................ 1

1.2. Rumusan Masalah........................................................................................................................... 1

1.3. Tujuan Dan Manfaat....................................................................................................................... 1

BAB II    LANDASAN TEORI

2.1. Pengertian E-Business..................................................................................................................... 2

2.2. Pengertian Penjualan...................................................................................................................... 2

2.3. Pengertian Pemasaran.................................................................................................................... 2

BAB III     PEMBAHASAN

3.1. Model-Model E-Business........................................................................................................... 3

          3.1.1. Analisa 4 perusahan ber evoluasi.................................................................................. 3

BAB IV     PENUTUP

4.1. Kesimpulan..................................................................................................................................... 4

4.2. Saran................................................................................................................................................ 4

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................................. 5





BAB I
PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Saat ini perkembangan dunia bisnis semakin pesat. Hal ini dapat dilihat dengan munculnya pengusaha-pengusaha atau pelaku bisnis yang baru. Persaingan bisnis yang ketat seperti saat ini membuat pelaku bisnis selalu berusaha untuk mempertahankan usahanya dan bersaing untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pertumbuhan yang selalu meningkat dari waktu ke waktu selalu diharapkan oleh pelaku bisnis.

Berbagai cara dilakukan oleh pelaku bisnis agar usaha yang dijalankan tetap bertahan di tengah-tengah persaingan yang ada. Suatu usaha didirikan dan dikelola untuk menghasilkan suatu produk, baik berupa barang maupun jasa. Produk itu dipasarkan dan dijual kepada pihak lain, baik individu, maupun kelompok, yang memerlukan produk itu untuk memenuhi sebagian kebutuhannya. Dengan demikian, diperlukan pemasaran yang baik karena pemasaran merupakan salah satu bidang fungsional yang peranannya sangat stratejik dalam kehidupan suatu usaha.

Pemasaran memegang kunci keberhasilan dalam menggali, mempertahankan, dan mengembangkan sumber-sumber pendapatan suatu usaha. Berbagai upaya pemasaran dilakukan secara terintegrasi dengan strategi pencapaian tujuan perusahaan. Pemasaran merupakan suatu kegiatan penting dalam sebuah perusahaan, karena pemasaran merupakan 2 fungsi bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen untuk mencari konsumen, mempertahankan konsumen dan meningkatkan volume penjualan. Kesuksesan perusahaan banyak ditentukan dari prestasi di bidang pemasaran. Pemasaran merupakan proses mempelajari kebutuhan dan keinginan konsumen dengan produk dan pelayanan yang berkualitas dan pada harga yang kompetitif. Terkadang suatu usaha harus merubah cara pemasarannya di tengah-tengah persaingan yang ketat seperti saat ini agar mampu bertahan. Pemasaran harus dilaksanakan secara ekonomis, efisien, dan efektif untuk mencapai suatu kondisi perusahaan yang sehat karena mengerahkan sumber daya dalam jumlah yang besar dan merupakan aktivitas yang menentukan volume penjualan perusahaan sehingga apabila terjadi penyimpangan akan mengakibatkan kerugian yang cukup material dan mempengaruhi tingkat penjualan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan suatu audit manajemen pemasaran untuk menilai dan meningkatkan ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas kinerja manajemen pemasaran yang ada di perusahaan.

1.2. Rumusan Masalah

    Untuk mengkaji dan mengulas tentang penerapan e-busines di indonesia, maka diperlukan sub-pokok bahasan yang saling berhubungan, sehingga penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut;

a.    Apa definisi, tujuan serta manfaat e-business?

b.    Apa saja model-model e-business?

c.    Untuk mengetahui perusahaan yang mulai berevolusi kedalam e-business?

1.3. Tujuan Dan Manfaat

      Adapun maksud dari analisa laporan evolusi e-bisnis ini iyalah;

a.   Menganalisa perusahan yang Berevolusi Kedalam E-Business

b.   Menjelaskan Perusahan Yang Berevolusi Kedalam E-Business

c.   Untuk memberikan suatu informasi mengenai E-Bisnis dan alasan perusahan Berevolusi ke dalam E-Business

d.   Untuk memenuhi salah satu tugas  mata kuliah E-Business pert 14.


1


BAB II
 TEORI TENTANG BISNIS

 

2.1. Pengertian E-Busines

Banyak   definisi   tentang   e-business   yang   terdapat   dalam   literatur   dan internet.Berikut ini adalah beberapa di antaranya :

  1. E-businees adalah praktek pelaksanan dan pengolahan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengolahan bahan baku, manufaktur penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyedian service melalui penggunan teknologi komunikasi, komputer dan data yang tekah terkomputerisasi (steven alter.informations sytem :foudation of e-business prentice hail 2002)
  2. E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar electronik commerce mcgraw-hill)
  3. Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan system dan proses yang menjalankan operasi bisnis selama dengan pemanfaatkan teknologi internet (chritoper stoole. E-business-just what is it?http://ebusines.about.com/industry )
  4. E-businees adalah mengolah bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kolaborasi antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali digunakan salah satunya oleh IBM pada tahun 1997. (searchCIO.com)
  5. Menghubungkan sistem teknologi informasi tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business. (daniel amor. 2000. The E-business revolution prentice hall)
  6. E-bisnis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis yang dujalankan pada internet atau penggunaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivita dan keutungan dari suatu bisnis (http://ww.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm)

 

Berdasarkan beberapa definisi e-bisnis yang dikemukan di atas kita dapat menggabungkan nya ke dalam suatu e-business yang utuh dengan melihat kesaman dari setiap definisi tersebut dan menggabungkannya. Kesaman tersebut dapat kita lihat dari beberapa sudut pandang , yaitu pelaku e-businees, alat atau media atau sumber daya yang digunakan , objek atau kegiatan yang menjadi sasaran tujuanya, dan keutungan yang diberikan ,hasilnya sebagai berikut;

  • Pelaku e-busineess
    • Organisasi,konsumen,perusahan,supler,pekerja,rekan bisnis
  • Alat media sumber daya yang digunakan
    • Teknologi informasi dan komunikasi
    • Komputer,data yang telah terkomputerisasi
    • Internet
  • Kegiatan Sasaran
    • Kegiatan bisnis
    • Proses bisnis utama
    • Pembelian, penjualan,pelayanan, trasnsaksi
  • Tujuan
    • Koordinasi, komunikasi, pengolahan organisasi
    • Transformasi proses bisnis
    • Sharing informasi
  • Keutungan
    • Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintgerasi
    • Memberikan nilai bisnis berbedah
    • Efisien
    • Peningkatan produktivitas dan keutangan

Dengan demikian maka akan dengan mudah mendefinisian e-bisnis satu arti yaitu e-bisnis adalah penggunan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengolah proses bisnis utama sehingga memberikan keutungan dapat berupa keamana, fleksibilitas, intgerasi, optimasi , efesesi dan peningkatan produktivitas dan profit. Contoh : Harian kompas yang juga memiliki e-bisnis kompas online. Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan  berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan kompas online dapat diakses oleh seluruh penduduk di indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dan lain-lain

2.2. Pengertian Penjualan

       Pengertian penjualan menurut kotler (2006,p.457);

Penjualan merupakan sebuah proses diaman kebutuhan pembeli dan kebutuhan penjualan dipenuhi, melalui antar pertukaran informasi dan kepentingan”. Jadi konsep penjualan adalah cara untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli melakukan usaha ditawarkan.

Konsep penjualan adalah gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli cukup banyak produk perusahan kecuali jika perusahan tersebut melakukan usaha penjualan dan promosi dalam skala besar (jobber,2006)

2.3. Pengertian Pemasaran

          Pemasaran merupakan aktivitas paling vital dalam system perekonomian yang menciptakan atau menambahkan nilai ekonomi dari suatu produk. Dengan sautu kegiatan pemasaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar maka pihak produsen akan dapat terus melangsungkan proses produksinya, sedakan bagi pihak konsumen akan dapat memilih barang dan jasa sesuai kebutuhanya

Pengertian pemasaran dari beberapa ahli ekonomi :

"Menurut Alex. Nitisemito (1981:6) pamasaran adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen secara efisien dengan tujuan menciptakan permintaan yang efektif."

"Menurut manulang (1996:102) pemasaran adalah segala aktivitas yang dijalankan oleh orang-orang atau badan-badan untuk memindahkan barang0barang dari tangan produsen hingga ke tangan konsumen"


2


BAB III
PEMBAHASAN

 

3.1. Model-Model E-Business

            Istilah e-business dapat merujuk pada interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi. Selain itu e-business juga melibatkan perusahan, pemerintah, dan institusi pendidikan

          3.1.1. Analisa 4 perusahan ber evoluasi

                Para pengusaha telah menjalankan bisnis sesuai perkembangan zaman, mulai dengan pola tradisional hingga memasuki era internet saat ini. Pola tradisional yang masih manual berangsur berubah ke system otomasi menggunakan teknologi dalam proses bisnisnya. Proses perubahan ini disebut Evolusi Bisnis.

Evolusi Bisnis adalah proses terjadinya aktivitas bisnis dari masa ke masa sesuai kondisi dan perkembangan teknologi, social dan budaya.

Dalam perkembangan teknologi, kegiatan bisnis juga dipengaruhi oleh hadirnya kemajuan-kemajuan dan inovasi dalam penerapan teknologi dalam kegiatan bisnis. saya akan membahas empat (4) perusahan yang berevolusi ke e-business yaitu;

1. Garuda Indonesia


Nama Perusahan

Jenis Bisnis

Produk yang dijual

Alasan Migrasi Ke Ebisinis

Kategori Evolusi


Garuda Indonesia

Transportasi Udara

Jasa Transportasi Udara

Mepermudah Konsumen dalam mengetahui jadwal keberangkatan pesawat dan harga tiket perjalan serta melakukan pemesanan tiket pesawat terbang

 Convergence 


2. Kaskus

Nama Perusahan

Jenis Bisnis

Produk yang dijual

Alasan Migrasi Ke Ebisinis

Kategori Evolusi

Kaskus

From komunitas masa berbasis bulletin / Bord Service

Forum jual beli berbagai bentuk barang

Mempermudah konsumen mengetahui jenis barang serta harga barang up to date

Industri Transformation


3. PT. Pos Indonesia

Nama Perusahan

Jenis Bisnis

Produk yang dijual

Alasan Migrasi Ke Ebisinis

Kategori Evolusi

PT. Pos Indonesia

Jasa pengiriman

Jasa pengiriman barang,surat,uang

1.Semakin banyaknya perusahan2 jasa pengiriman barang yang bermunculan

Industri Transformation

4. Kompas

Nama Perusahan

Jenis Bisnis

Produk yang dijual

Alasan Migrasi Ke Ebisinis

Kategori Evolusi

Kompas

Media Berita

Koran dan Majalah

Ingin Meperluas Pasar dengan merubah konsep dari media cetak ke media elektronik

Industri Transformation




3

BAB 1V

PENUTUP

4.1. kesimpulan

      Berdasarkan dari tujuan dari uraian sebelumnya, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut : E-Business merupakan interaksi eksternal organisasi dengan para pemasok, pelanggan, investor, kreditor pemerintah dan media massa dan juga termasuk penggunaan teknologi informasi untuk mendesain kembali proses internalnya

4.2. Saran

     Penulis menyadari tentang penyusunan makalah, tentu masih banyak kesalahan dan kekurangannya, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

    Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman sudi kiranya memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang membacanya.

























4


DAFTAR PUSTAKA

























5

Komentar

Postingan Populer